Welcome to My Blog

Thanks for your visit and join to my blog.

Thursday, February 9, 2012

Saat Jam Istana Ngambek

Saat Jam Istana Ngambek

                Apa jadinya kalau Jam Istana ngambek? Padahal, jam itu berguna untuk mengingatkan seluruh penghuni istana. Akibat Jam Istana tidak berdentang, Raja jadi bangun kesiangan. Ratu jadi terlambat memesan menu masakan untuk hari itu. Pangeran juga terlambat pergi ke sekolah.
                Akhirnya, hari itu istana tampak gaduh. Semua bekerja terburu-buru. Eh, eh, tapi ternyata bukan hanya Jam Istana yang merajuk. Jam-jam di urmah seluruh penduduk negeri itu juga ngambek.
                Jam-jam di kerjaan itu merajuk selama dua hari dua malam. Seluruh istana dan rakyat menjadi kebingungan. Mereka tidak punya pedoman waktu untuk melakukan kegiatan seperti biasa. Akhirnya Raja memanggil Kakek bijak dan menemukan masalahnya.
                “Wahai para jam di seluruh kerajaan, apa yang menyebabkan kalian tidak mau bekerja lagi?” Tanya Kakek Bijak.
                “Ah, buat apa kami bekerja, kalau manusia tidak peduli pada kami? Para manusia sering kali mengabaikan kami. Mereka sering bermalas-malasan dan tidak tepat waktu,” kata Jam Istana.
                Kakek Bijak itu kini mengerti, ia lalu menjelaskan kepada Raja dan rakyat negeri itu. Mendengar itu Raja dan keluargayanya, serta penduduk negeri itu menjadi malu. Mereka sadar, selama ini mereka selalu tidak tepat waktu. Raja dan penduduk negeri berjanji bahwa mereka akan berusaha tepat waktu. Jika kemalasan mereka terulang, maka jam-jam di kerajaan itu diizinkan untuk ngambek lagi.
Dikutip dari Bobo, 16 November 2006

No comments:

Post a Comment